Langsung ke konten utama

7 Hobi yang Bisa Bikin Dompetmu Tebal




Hobi adalah sebuah kegiatan yang biasanya sering digunakan di waktu luang. Saat tidak ada kesibukan, hobi merupakan salah satu cara untuk membunuh kejenuhan. Bagi sebagian orang bahkan hobi bisa menjadi sebuah terapi penyembuhan bagi penyakitnya. Dengan memiliki hobi ia akan selalu merasa senang karena segala tekanan hingga rasa kesal tergantikan oleh kegiatan hobi, seolah hati dan pikiran tidak diberikan spare waktu untuk memikirkan berbagai permasalahan. Hobi seolah menjadi oase dari berbagai kepenatan rutinitas sehari-hari.

Karena hobi itu menyenangkan, banyak orang yang akhirnya menjadikan hobi mereka sebagai pekerjaan utamanya. Namun, bagi yang sudah memiliki usaha atau pekerjaan yang mapan, tidak salah juga menekuni hobi untuk menambah pundi-pundi penghasilan.
Berikut adalah beberapa hobi yang bisa kamu geluti sekaligus mendapatkan penghasilan tambahan.
  
Hobi fotografi
Saat ini fenomena selfie atau swafoto semakin marak di kalangan masyarakat. Hal ini seiring dengan berkembangnya teknologi handphone dengan resolusi lensa yang cukup mumpuni untuk mengabadikan momen-momen indah. Namun, lebih dari itu, kemudahan ini, ditunjang kesenangan selfie kamu bisa kamu asah untuk menangkap objek lainnya. Tentunya bukan hanya asal jepret, namun juga dengan mempertimbangkan sudut pandang dan pencahayaan. Selain itu, kamu bisa memajang hasil karya mu di jejaring social yang kamu miliki, atau di situs-situs online yang biasa menampung hasil karya fotografi. Biasanya jika ada yang tertarik dengan hasil karyamu mereka akan membelinya atau membayarmu untuk melakukan berbagai pemotretan. Atau, jika kamu sudah merasa mahir, kamu bisa mengajukan diri sebagai fotografer freelance. Jika pun kurang mahir, kamu bisa memperdalam ilmu fotografimu lewat tutorial yang di sediakan internet.

Hobi menggambar
Kamu senang menggambar? Jika kamu pernah ditegur oleh guru atau orangtua karena keasyikan menggambar, jangan kecil hati, karena hobi kamu yang satu ini bisa menghasilkan uang. Seperti halnya dengan fotografi, kamu bisa memajang hasil-hasil gambarmu di berbagai media online. Jika ada orang yang tertarik, kamu bisa saja mendapatkan tawaran kerja sebagai illustrator freelance atau malah tetap di suatu perusahaan. Atau kamu juga bisa mengajukan diri sebagai ilustrator profesional. Namun, tentunya, teknik gambarmu juga harus ditingkatkan. Range penghasilan yang bisa kamu dapat sekitar Rp50 rb pergambar (situasi), bahan lebih jika gambarmu memang benar-benar bagus. Apalagi jika kamu bisa menembus pasar internasional, seperti Adrian Syaf yang kini mendapat kontrak dari DC Comic hingga dibayar rastusan dolar per gambar Jadi, sering-seringlah berlatih dengan banyak menggambar, namun jangan sampai lupa waktu juga.

Hobi menulis
Kegiatan menulis juga menjadi salah satu hobi yang bisa menghasilkan pundi-pundi penghasilan. Bahkan kamu bisa menjadi jutawan dengan menjadi seorang penulis. Tahukah kamu berapa penghasilan yang didapat Andrea Hirata? Tahukah kamu bahwa kekayaan JK Rowling bisa melebihi kekayaan Ratu Elizabeth? Semua kekayaan itu mereka dapat dari menulis. Jika kamu senang menulis cerita, kamu bisa menulis novel atau cerpen lalu ajukan ke penerbitan, jika penerbit suka, naskah kamu akan diterbitkan dan kamu pun mendapatkan honor, baik secara royalty atau dengan sistem jual lepas. Atau kamu bisa mengajukan cerpen-cerpenmu ke media cetak, seperti Koran atau majalah. Honor yang bisa kamu dapatkan dari membuat cerpen beragam, yaitu mulai dari seratus ribu hingga satu jutaan. Jika kamu tidak begitu suka dengan cerpen

Hobi ngeblog
Ngeblog saat ini semakin marak. Adanya penyedia blog gratisan menumbuhkan blogger-blogger baru dengan genre masing-masing. Kamu juka bisa menyalurkan hobi menulis kamu dengan membuat blog, semakin banyak kamu menulis, apalagi jika materi blog kamu manarik, semakin banyak pembaca yang mengunjungi blog kamu, traffic pun semakin tinggi, semakin banyak orang mengapresiasikan hasil tulisanmu. Apalagi jika yang kamu ulas adalah tentang suatu produk, siapa tahu kamu menjadi brand ambassador suatu produk. Kamu juga bisa meningkatkan pendapatanmu dengan Adsense. Sudah banyak orang yang meraup hasil dari Adsense, bahkan bisa mencapai puluhan juta rupiah jika blog kamu banyak dikunjungi.

Hobi mendaki gunung
Kamu pecinta alam dan senang mendaki gunung? Kamu bisa meraup banyak untung dari hobi ini. Jika kamu sudah sering melakukan pendakian, apalagi khatam dengan beberapa situs pendakian, kamu pasti sudah mafhum mengenai trek pendakian yang aman yang bisa kamu lalui. Dengan pengalaman tersebut, kamu bisa menjadi guide bagi para pendaki gunung, terutama yang belum begitu mengenal trek pendakian. Selain itu, peralatan mendaki gunung yang kamu miliki bisa kamu sewakan kepada para pendaki gunung.

Hobi memasak
Memiliki hobi memasak adalah hal yang paling menguntungkan. Jika kamu merasa yakin bahwa hasil masakanmu enak ditambah lagi dengan jiwa marketing yang tinggi, bukan tidak mungkin jika kamu bisa sukses di bidang kuliner. Sudah banyak yang sukses di bidang ini, yang dimulai dengan hobi memasak. Apalagi, setiap orang pasti butuh makan. Jadi, menjadikan hobi masak menjadi peluang usaha sangat mungkin dan menguntungkan, apalagi jika kamu bisa menyajikan rasa masakan yang autentik.

Hobi main game
Sekilas hobi ini seperti hanya buang-buang waktu saja dan juga uang. Namun, tidak bagi para gamer. Ditambah lagi dengan jiwa marketing, justru hobi main game juga bisa membawa untung dan membuat dompetmu tebal. Seorang gamer profesional asal Jepang bernama Maru-chan digaji hingga 1 juta yen (atau sekitar Rp 112 juta) oleh perusahaan pembuat game bernama ArcheAge. Tugasnya hanya memainkan game tersebut selama 12 jam. Selain itu, Top Itipat, CEO dari TaoKaeNoi Food , sebelum membangun perusahaannya, ia adalah seorang gamer online. Suatu ketika ia menjual salah satu item di dalam game dan hasilnya cukup besar. Dari situlah Top mulai melakoni bisnis berdagang. Hingga akhirnya, kudapan berupa rumput laut bernama TaoKaeNoi membawanya ke puncak kesuksesan.

Selain aneka hobi di atas, tentunya masih banyak lagi hobi-hobi lainnya, yang jika dijalani dengan serius justru akan mempertebal dompetmu. Bahkan bisa jadi malah kamu menjadikan hobimu itu profesi atau penghasilan utamamu. Selama hobi kamu itu positif, mengapa tidak kamu kembangkan saja?



Komentar

Postingan populer dari blog ini

I Choose, I Live

I Choose, I Live Pernah dengar ungkapan di atas? Saya tidak mendengarnya tapi membacanya di selebaran pamphlet sebuah iklan rokok, saya lupa merknya apa. Entah apa yang ada di benak para produsen rokok yang selalu mengenalkan jargon-jargon yang menggebrak, memotivasi, menjadi diri sendiri, padahal produk yang mereka tawarkan adalah racun mematikan. Tapi, biarlah namanya juga jualan selalu ada strategi dagang supaya cepat laku dan untung besar. Toh, lapangan kerja terbuka lebar bagi masyarakat. Oke, kembali lagi ke pembahasan I choose, I live , apa kira-kira makna yang terkandung dari kata-kata tersebut? Apa yang dipilih, apa yang membuat hidup. Kalau saya simpulkan menurut pandangan dan pemahaman saya, hidup adalah pilihan di saat kita memilih untuk hidup. Karena kita hidup tentu saja kita akan dihadapkan oleh berbagai pilihan hidup. Dan saya yakin di dunia ini tidak ada satu individu pun yang ingin hidup sengsara, semua pasti memilih hidup makmur, bergelimang harta, bahagia, atau s

Makna dan Hikmah Setia Kawan

Makna dan Hikmah Setia Kawan             Ada pepatah mengatakan bahwa memiliki satu musuh adalah lebih dari cukup, sedangkan memiliki ribuan kawan adalah jauh dari cukup. Oleh karena itu, kita harus selalu menjalin pertemanan di manapun dan kapanpun dengan siapapun tak terkecuali. Sayangnya, menjalin pertemanan terkadang lebih sulit ketimbang mencari permusuhan. Bahkan yang tadinya berkawan erat pun bisa menjadi musuh. Suatu hal yang miris, sungguh ironis, dan tentu saja hal itu tidak boleh dibiarkan terjadi. Di sinilah pentingnya memupuk rasa setia kawan.           Sebenarnya sesama umat manusia itu adalah bersaudara, selama kita tinggal satu atap, hidup di bawah langit yang sama, menghirup udara yang sama kita harus bisa hidup berdampingan, toh kita sama-sama ciptaan Tuhan. Bahkan, jika kita mengingat bahwa kita ciptaan Tuhan, kita pun harus menghargai hak hidup makhluk lainnya, seperti hewan dan tumbuhan. Jika saja di muka bumi ini terjalin perasaan setia kawan yang erat, buk

Ngomik, Yuk!

http://bitread.id/book_module/book/view/830/ngomik_yuk Ngomik, Yuk! Merupakan buku berjenis how to tentang bagaimana membuat komik bagi pemula. Judul buku dibuat dengan nada ajakan seolah mengajak siapapun untuk ngomik. Dengan kata lain, dengan buku ini penulis menegaskan bahwa siapapun bisa ngomik dan mengajak siapapun yang tertarik dengan komik untuk membuatnya, sekalipun belum bisa menggambar. Oleh karena itu, buku ini diperuntukkan bagi para pemula yang ingin mencoba terjun menggeluti dunia komik. Yang namanya pemula bisa siapa saja, entah anak sekolah, anak kuliah, ibu rumah tangga, pekerja swasta, siapapun yang entah kenapa tertarik ingin membuat komik. Karena dirancang untuk pemula, sebelum masuk ke ranah teknis, penulis terlebih dahulu mengajak pembaca untuk berkenalan dengan komik, mulai dari apa yang disebut dengan komik, sejarahnya, elemen apa saja yang menyusunnya, apa saja yang dibutuhkan untuk membuatnya, hingga bagaimana cara membuatnya. Apa itu komik? D